Rabu, 18 Juli 2012

JAMBORE PENGGALANG (Ranting Ponorogo)

Hari ini tanggal 18 Juli 2012 dilaksanakan Jambore Ranting Ponorogo tingkat penggalang SD/Mi se-kWarran ponorogo. Acara ini dilaksanakan di Buper Barata Wiyana Ponorogo dalam rangka Menyongsong HUT Pram dan HUT RI tahun 2012 yang semua difokuskan pada bulan Juli, soalnya Agustus puasa dan lebaran. Tahun ini diikuti oleh 30 regu Putra dan 29 regu putri sehingga total ada 59 regu peserta Jambore ranting Ponorogo. Kami salah satu pesertanya dari SDN 3 Bangunsari. Yang dikirim 1 Regu putra dengan anggota 11 anak dan 1 Regu Putri dengan 13 anak. Masing-masing terdiri dari anak  kelas 4 & 5.

Suasana Cerah tak berawan memulai kegiatan ini. Anak-anak datang lngsung menuju lapangan dengan diantar keluarganya,. Kami termasuk yang datang paling awal sehingga mendapatkan nomer urut 01. Ya meskipun pembinanya (Saya) datngnya agak terlambat...hehe. Selain saya sbgai pembinanya ada jga 2 guru putra dan 2 guru putriyang ikut mendampingi anak=-anak. Terlihat dari wajah mereka anak-anak sangat bersemangat dan penuh kegembiraan.

Lomba pertama adalah Kirab pramuka yang diikuti oleh 19 anak dalam satu pasukan campuran putra-putri. Tepat pkul 07.45 peserta diberangkatkan. Suasana panas mengiringi kirab, jalanan menjadi ramai byak warga yng melihat dan kemacetan tdk dapat dihindari lagi. Jarak ± 4 km. Tidak hanya baris tetapi se-sekali di ikuti dengan yel-yel penyemangat. Sampai Buper kmbali pkl.09.30. Istirahat untuk sejenak melepaskan dahaga, seblm ke kegiatan berikutnya.

Lomba kedua adalah Seni Budaya yang ikut 2 putra tari Bujang Ganong dan 2 putri Jatil. Acara ini di laksanakan setelah kirab dan istirahat sejenak. Tepat pkl. 09.45 Acara dimulai, karena kami no urit 01 tampil yg pertama. Penilaian Wiraga, Wirama, Wirasa. Dengan penuh percaya diri mereka tampil dengan bagus.
Lomba ketiga Pionering yang dilaksanakan setelah ISHOMA. Dalam pionering anak-anak membuat Tiang Bintang dengan 12 Tongkat. Waktu pngerjaan 30 menit,..tp beruntungnya anak2 menyelesaikan pionering kurang dari wktu yg telah ditapkan. Sambil menunggu dinilai anak2 dEngan semangat menyanyikan yel-yel disekitar pionering yan mereka buat.

Lomba Keempat adalah Karya bakti dimana satu tempat ditentukan panitia dibagi regu putra mengecat 2 pohon dan putri membersihkan sekitar pohon yg di cat dengan sapu dan sabit.

 Lomba terakhir perkenalan dimana anak-anak disuruh mencari kenalan dengan regu yang lain sebanyak – banyaknya dengan menuliskan di buku. S angat antusias sekali anan2 waktu kegiatan ini. Lapangan sekejap menjadi lautan anak-anak...hehe

Tidak terasa jadwal kegiatan sudah berakhit, sayang sekali pengumuman juara blm bsa di umumkan langsung karena perekapan nilai belum selesai. Dan akan di umumkan pada tgl 18 Agustus 2012 bersamaan dengan acara kedinasan. HARAPAN kami pasti mendapatkn hasil yg terbaik,..ya..semoga bsa......to be conrinued.......

 ! ! ! ! sAlam Pramuka ! ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar